Pages

Tuesday, April 26, 2011

Home » » Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pengunjung atau Traffic Blog

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pengunjung atau Traffic Blog

Setiap pemilik blog atau website hampir bisa dipastikan mendambakan memiliki jumlah traffic atau pengunjung yang tinggi. Karena dengan memiliki jumlah kunjungan yang banyak atau mempunyai traffic yang tinggi akan mempunyai nilai lebih dan tentunya akan lebih memudahkan bagi pemilik blog atau website untuk menentukan tujuan selanjutnya misalnya untuk tujuan promosi, memasang iklan dan lain-lain, walaupun ini bukan suatu keharusan. Dan terus terang untuk mendatangkan jumlah pengunjung yang tinggi tidaklah semudah membalik telapak tangan atau tidak bisa hanya sekejap. Semuanya itu membutuhkan keuletan, ketekunan, konsistensi dan kesabaran. Dan masing-masing pemilik blog atau website dalam upaya mendatangkan pengunjung pasti mempunyai metode atau cara yang berbeda-beda, namun dalam beberapa hal mempunyai kesamaan seperti mendaftarkan blog ke search engine, submit ke beberapa direktori blog, aktif di sebuah forum, rajin blogwalking, dll.

Ada banyak, ada yang bilang 10 cara, 20 atau seratus cara bahkan mungkin seribu cara untuk meningkatkan Traffic blog. Namun tidak semua cara itu bisa kita terapkan, tergantung cara atau metode mana yang paling efektif dan tidak terlalu menyita waktu. Adapun beberapa cara yang bisa ditempuh adalah :

1. Buatlah conten atau postingan yang menarik.
Jika kita menginginkan traffic, kita harus menulis conten atau membuat postingan, Content is the King. Inti dari sebuah blog atau website adalah konten atau postingan. Buat judul postingan yang sesuai dengan isi konten jangan terlalu pendek dan terlalu panjang. Orang lain atau teman ketika mengunjungi blog kita yang dicari pertama kali adalah content, artikel atau sebuah postingan, baru yang lainnya. Maka teruslah menulis postingan yang menarik dan bermanfaat (rajin update), dan usahakan asli hasil karya sendiri. Untuk yang satu ini saya belum bisa 100 % melaksanakannya. Beberapa postingan masih mengutip atau review dari website portal berita yang Insya Allah bisa bermanfaat.

2. Design dan layout yang baik.
Jika design blog atau website berantakan, navigasinya sulit, terlalu banyak script dan banyak eror, loadingnya berat, warnanya tidak match atau mengganggu penglihatan (silau dll), pengunjung pasti tidak akan betah untuk berlama-lama di blog kita. Jadi jangan terlalu berlebihan menambahkan acessories yang kurang bermanfaat. Untuk itu gunakan theme atau template yang baik yang enteng dan ringan namun tetap elegan.

3. Gunakan nama domain sendiri.
Usahakan untuk menggunakan nama domain sendiri walaupun ini bukan suatu keharusan. Karena dengan menggunakan domain sendiri dan umumnya berbayar akan lebih mudah untuk mengingat URL kita dan blog kita akan terkesan lebih profesional. Alasan lain dengan menggunakan domain sendiri akan lebih memacu semangat dan terus mengelola blog dengan serius.

4. Daftarkan blog atau website ke search engine
Secara umum, ada dua cara untuk melakukannya. Pertama, kita diam saja menunggu search engine mengunjungi blog kita. Bila kita memilih cara ini, saya sarankan memakai Blogger atau WordPress. Sebab konon blog di keduanya akan terindeks secara otomatis di search engine paling lama dua hari. Cara kedua adalah dengan berinisiatif menemui search engine. Daftarkan blog atau website kita ke search engine. Untuk tahap awal tidak harus semua search engine, cukup pilih search engine terkemuka saja seperti Google, Yahoo, dan MSN atau Bing. Untuk search engine lain bisa dilakukan kemudian. Cara mendaftarkan blog ke search engine pasti kita sudah tahu caranya jadi tidak akan saya bahas di sini. Atau jika memang ada yang memerlukan lain waktu akan saya buat postingannya. Karena saat ini mesin pencari Google sudah tidak menggunakan meta keyword, maka buat judul postingan yang se-SEO mungkin.

Tulis sebuah posting dengan title yang menarik, gampang diingat dan mengandung keyword. Postingan dengan title yang menarik dan gampang diingat biasanya akan mendapatkan traffic yang lebih banyak, apalagi jika mengandung keyword. Kita akan mendapatkan rangking di search engine, dan jika seseorang melink artikel kita dengan keywords tersebut kita akan mendapatkan rangking yang lebih baik dan akan mendapatkan traffic lebih banyak dari Google, Yahoo, atau yang lainnya.

5. Mulailah “tagging” image di blog kita.
Ketika kita menyisipkan image dipostingan, kita harus selalu memberi identitas (tagged). Tuliskan keywords gambar pada tag “alt” & “title” terutama pada tag “alt”. Contoh: img src=http://i690.photobucket.com/albums/vv270/yopie/prismanandadotcom/Jadwal-MotoGP-2010.jpg alt=“Jadwal MotoGP musim 2010“ title=”Jadwal MotoGP musim 2010″. Fungsinya untuk memberikan keyword pada gambar dan akan lebih memudahkan pengunjung menemukan blog kita pada pencarian image atau gambar seperti pada Google image search.

6. Perhatikan dan pelajari statistik blog kita.
Gunakan Google Analytics kita. Lihat keyword apa yang sering digunakan pengunjung untuk mencari blog kita dan artikel apa yang disukai atau yang tidak disukai pengunjung blog kita. Ini akan membantu untuk menentukan tulisan kita selanjutnya yang bisa populer dan bisa disisipi dengan keyword yang efektif.

7. Buat Daftar Isi seluruh postingan dan Buat Link antar postingan yang berkaitan baik di dalam postingan atau di bawah postingan.
Ini biasa disebut dengan Related Post atau Artikel Terkait. Dengan cara ini akan lebih memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk lebih mengekplorasi seluruh isi blog dan menemukan lebih banyak informasi. Dengan demikian akan memancing pengunjung untuk kembali mengunjungi blog kita. Cara ini juga efektif untuk meningkatkan Page View. Link internally ke potingan dalam blog juga akan membantu meningkatkan ranking blog kita dan juga akan membantu meningkatkan traffic, sebab jika orang yang datang ke blog kita tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika kita ngelink ke postingan kita yang lain mereka akan klik link tersebut dan pengunjung akan tetap di blog kita lebih lama.

8. Rajin blogwalking dan tukeran link
Banyak teman banyak rezeki, Itulah yang kita yakini sejak zaman kakek-nenek kita dulu. Karena biasanya temanlah yang akan selalu menemani kita baik di kala senang maupun susah. Teman pula yang biasanya selalu mendorong kemajuan kita. Lewat motivasinya, kita didukung untuk terus semangat dan maju. Peluang-peluang bisnis pun tak jarang datang karena ikatan pertemanan. Jadi punya banyak teman gak ada ruginya.

Begitupun dalam hal ngeblog, kita juga harus punya banyak teman, biar traffic blog kita bisa cepat menjulang. Tanpa punya teman, bisa dipastikan blog kita akan kekurangan pengunjung. Tak ada yang mau peduli terhadap blog yang kita punya. Tak ada yang memberi saran, kritikan, maupun pujian. Karena itu, perbanyaklah punya teman.

Dalam hal ngeblog atau blogging cara paling mudah dan simpel untuk mendapatkan teman yaitu dengan rajin blogwalking atau mengunjungi blog lain sebanyak mungkin, kita juga bisa memanfaatkan acara blogwalking kita dengan sekalian tukeran link biar lebih mantab. Dengan rajin blogwalking maka kita punya kesempatan yang besar untuk mendapatkan kunjungan balasan.

Ketika kita melakukan blogwalking usahakan untuk memberikan komentar yang baik dan sesuai dengan tema postingan. Jangan nyepam kecuali kita sudah kenal baik dengan pemilik blog. Dengan isi komentar yang baik maka kita akan mempunyai kesan yang baik dan secara tidak langsung kita sudah mulai membangun brand atau image yang kuat dan positif dan kemungkinan akan mendapatkan kunjungan dari pengunjung atau komentator lain juga semakin besar.

9. Respon segera commentar dan email.
Pengunjung akan lebih menyukai blog yang pemiliknya interaktif dan yang cepat merespon segera komentar dan email yang masuk. Jika kita melakukan ini akan banyak pembaca yang akan setia dan menyukai kita dan kita akan mendapatkan traffic dan link lebih banyak.

10.Submit blog atau postingan ke beberapa direktori blog atau social bookmark.
Manfaatkan LintasBerita.com dan Infogue.com buat akun di sana dan submit postingan kita di keduanya. Karena portal ini mempunyai jumlah pengunjung ribuan tiap harinya.

Gunakan StumbleUpon. Ketika sebuah artikel yang baik dari blog kita di “StumbleUpon”, diharapkan banyak orang akan menilai baik blog kita dan akan “mengstumbling upon” blog kita.

Gunakan MyBlogLog dan BlogCatalog, SignUp ke keduanya dan join ke semua MyBlogLog dan BlogCatalog communities, maka kita akan melihat visitor akan berdatangan ke blog kita dari kedua direktori tersebut.

Submit postingan kita ke Digg.com, propeller.com, buzz.yahoo.com ketiganya sering saya gunakan jika sebuah postingan mempunyai pesaing yang banyak, dan ternyata sangat-sangat top markotop bin manjur untuk hasil di SERP-nya Google. Ketika sebuah keyword atau judul postingan blog kita tidak muncul di halaman pertama SERP-nya Google. Maka salah satunya bahkan sering ketiganya muncul di halaman pertama Google Search Jadi ini semacam alat bantu yang akan mengarahkan hasil pencarian di Google ke blog kita.

Submit blog ke blogrankings, blogtoplist, topofblog, blogtopsites dll. Untuk lokal saya menggunakan Top Seratus, blog-indonesia.com, liputankhusus.com dll.
Import Feed blog kita ke facebook dan twitter, maka kita akan berpotensi mendapatkan jumlah pengunjung yang signifikan.

11. Jalin kerjasama dengan blogger lain.
Kembangkan kerja sama dengan semua blogger lain terutama yang blognya sejenis dengan blog kita. Berikan komentar pada blog mereka buat percakapan, link dengan mereka dan jalin persahabatan. Dan sebelum kita mengetahui mereka akan mengelink blog kita yang tentunya akan mendatangkan traffic ke blog kita.
12. Sign up ke Yahoo! Answer.
Di Yahoo Answer kita dapat menjawab pertanyaan orang lain dan menolong orang lain. Di sana ada box dimana kita dapat menuliskan sumber dari jawaban kita. Jawablah pertanyaan yang ada dan buat link ke blog kita sebagai sumber.

13. Gunakan Feedburner untuk memudahkan pengunjung berlanganan feed blog kita.
Ketika seseorang subscribe blog kita via RSS atau mendapatkan update blog kita via email, mereka akan melihat postingan kita ketika ada yang baru. Hal ini akan menjadi vital untuk menjaga para pembaca tetap berhubungan dengan blog kita dan menarik mereka kembali untuk mengunjungi blog kita.

14. Gunakan Youtube.
Buat account di youtube, kemudian pada profile kita, dapat memasukkan alamat-alamat blog/website kita. List halamat blog kita disana dan mulailah buat video. Ketika seseorang melihat profile kita kemungkinan besar ia akan mengklik blog kita.

15. Gunakan Technorati tags.
Mendapatkan lebih banyak category pada Technorati berarti kita akan mendapatkan lebih banyak expose, yang berarti akan mendapatkan lebih banyak traffic.

16. Gunakan fasilitas untuk memudahkan pengunjung menshare artikel kita.
Pada setiap artikel blog sering didapati barisan tombol yang akan memudahkan para pengunjung untuk submit dan vote artikel ke social bookmarking site seperti digg.com, reddit.com, delicious.com, slashdot.org, stumbleupon.com atau yang lainnya. Contoh kita bisa menggunakan plugin Sociable atau Share This.

17. Buat artikel atau postingan pada moment-moment khusus.
Buat artikel atau postingan pada moment-moment khusus seperti pas hari raya, puasa, hari kemerdekaan, Piala Dunia atau Word Cup, Jadwal MotoGP, Jadwal Sholat dan-lain-lain. Karena keyword atau postingan yang berkaitan dengan moment itu biasanya akan banyak dicari pengunjung ketika moment itu berlangsung. Bisa dibilang aji mumpung heeeee…..

18. Buat pengunjung blog kita merasa seperti di rumah sendiri.
Jika kita seseorang yang tidak sopan, jangan pernah memberikan apapun kepada pembaca blog kita, jangan menjawab komentar atau email, jangan menolong blogger lain, atau selalu sinis dan tidak membuat para pembaca blog kita merasa seperti dirumah mereka sendiri, maka besar kemungkinan mereka akan berhenti untuk mengunjungi blog kita. Tapi jika kita membuat mereka seperti di rumah sendiri kita akan mendapatkan banyak traffic.

19. Jangan pasang iklan secara berlebihan
Ingat Content is the King. Jangan sampai iklan kita lebih dominan daripada isi postingan. Biasanya pengunjung cenderung kurang suka dengan blog yang berisi iklan yang terlalu banyak.

20. Buatlah sebuah kontes berhadiah.
Ini adalah ide yang baik. Buatlah kontes dengan hadiah yang menarik. Orang-orang akan mengikuti blog kita dengan harapan akan memenangkan hadiah. Jika kita memberikan hadiah yang menarik pasti beritanya akan cepat tersebar, tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa bahwa blog kita memiliki banyak pembaca yang setia.

21. Tolonglah blogger yang membutuhkan kita.
Jika ada blogger pemula yang meninggalkan komentar atau email dan butuh bantuan kita jangan pelit untuk membantu mereka. Siapa tau suatu saat mereka akan menjadi besar dan akan selalu mengingat kebaikan kita.

22. Berikan sebuah award/penghargaan.
Luangkan waktu kita untuk membuat sebuah trophy atau banner untuk sebuah award atau penghargaan. Pastikan award itu memiliki tema atau nama, misalnya, Penghargaan Untuk Blogger Terbaik. Lalu linkkan banner tersebut ke 5 blogger lain yang menurut kita terbaik. Buat peraturan bahwa kelima blogger tersebut juga melakukan hal yang sama dengan banner tersebut, link dengan lima blogger lain yang menurut mereka terbaik. Pastikan di dalam banner tersebut terdapat link kita sebagai pembuat banner. Jika ini berjalan maka akan akan mendapatkan banyak backlink dan kemungkinan akan menerima banyak traffic juga semakin besar.

23. Join di sebuah forum dan dan message board, misal di Kaskus.
Bergabunglah dengan forum dan message board yang relevan dengan tema blog kita. Jangan lupa masukkan link blog kita baik di profile maupun di thread, maka ketika pengunjung lain melihatnya dan thread atau komentar kita menarik, pengunjung akan dengan senang hati untuk klik blog kita.

24. Buat blog kita menjadi dofollow (optional).
Blog dofollow biasanya rame pengunjung terutama yang ber-page rank tinggi. Pengunjung blog akan lebih suka untuk berkunjung dan berkomentar dengan meninggalkan sebuah link ke blognya. Dampak negatifnya jika link keluar (outbound lik) lebih banyak dari pada link ke dalam (inbound link) maka akan merugikan pemilik blog dofollow tersebut.

25. Buatlah Thread Comment atau Komentar Bertingkat
Dengan membuat komentar bertingkat akan lebih memudahkan pengunjung atau pemilik blog untuk membalas sebuah komentar persis di bawah komentar sebelumnya. Setingan komentar model seperti ini juga sangat cocok digunakan untuk blog yang sering dijadikan Battle Top Komentator karena antar pengunjung bisa saling berbalas komentar dengan cepat dan berdekatan (lebih interaktif) walau kadang berbau spam tapi mempunyai keasikan tersendiri.

26. Gunakan Plugin SEO SearchTerms Tagging 2
Untuk para pengguna wordpress self hosting bisa memanfaatkan plugin SEO SearchTerms Tagging 2 (SEO STT2). Plugin ini sangat powerfull untuk meningkatkan traffic terutama yang berasal dari search engine. Dengan plugin ini nantinya kata kunci atau keyword yang berasal dari search engine akan direkam dan otomatis akan dijadikan sebuah link internal di dalam sebuah postingan atau halaman.

Dengan cara ini maka kekuatan on page SEO hasil tambahan link internal dari berbagai macam keyword yang berasal dari search engine akan membuat postingan dalam single post dan page/halaman akan semakin mantap di SERP. Download plugin SEO SearchTerms Tagging 2.

Dan masih banyak cara lain yang bisa dipakai untuk Meningkatkan Traffic Blog atau Website baik melalui media online atau offline seperti membuat stiker, buku, pamflet dll yang bisa kita kembangkan sendiri.

Artikel Terkait

3 comments:

safrizal said...

bagus juga nich sob.........jadi orang pada tahu and kenal ama blog kita.

Yopie said...

cara promosi blog emang ada banyak banget, ga ke itung bro,
semua tergantung kita mao pke cara apa, yg penting blog kita bisa bermanfaat bagi orang banyak :-)

darklord said...

gann ane suka blognya, semua ane cobain dehh,,



gan maen ke blog ane yaaaa

http://backyardquiltstudio.com/

http://eternoespectador.com

http://flyingmatch.wordpress.com

Post a Comment

Powered by Blogger.

Thaks for come.